TikTok awalnya merupakan platform kecil yang kurang dikenal. Platform ini dibuat sebagai aplikasi untuk membuat dan membagikan video pendek, namun para pengguna tidak terlalu tertarik dengan konten informasi yang tersedia. Hal ini dapat disebabkan oleh informasi yang kurang menarik atau tidak sesuai dengan minat pengguna. Namun, TikTok berhasil melihat peluang dalam mengatasi masalah ini, yaitu algoritma canggih, marketing efektif, dan komunitas pengguna yang terlibat.
Algoritma
TikTok mengembangkan sistem algoritma yang kompleks untuk menampilkan konten paling menarik bagi setiap pengguna. Algoritma ini dirancang untuk:
- Mempelajari perilaku dan preferensi pengguna untuk mengubahnya menjadi format video singkat dan menarik perhatian.
- Memanfaatkan fitur-fitur seperti autoplay dan infinite scroll, sehingga membuat pengguna terus terlibat dengan konten yang ditampilkan.
Hal tersebut membuat pengguna terus terlibat dengan konten yang disajikan tanpa perlu mencari judul berita secara aktif. Hal ini dapat menyebabkan pengguna merasa kecanduan untuk terus mengonsumsi konten yang disajikan.
Komunitas Pengguna
Tiktok memiliki rencana berupa Five Part Plan dalam meningkatkan basis pengguna dan mempertahankan keterlibatan komunitas pengguna. Plan tersebut terdiri dari lima komponen utama, yaitu:
- Menurunkan hambatan untuk bergabung: TikTok membuat mudah bagi siapa saja untuk membuat dan berbagi konten di platform dengan menyediakan alat pembuatan video yang sederhana dan fitur yang mudah digunakan.
- Tantangan: TikTok menggunakan tantangan atau challenges untuk membangun keterlibatan pengguna dan meningkatkan kreativitas. Pengguna diberi tantangan untuk membuat video yang dapat dilihat dan diikuti oleh pengguna lainnya.
- Memberi mereka “rasa terkenal”: TikTok memberikan pengguna kesempatan untuk merasa terkenal melalui fitur seperti “For You Page” yang menampilkan konten populer secara acak kepada pengguna, memberikan kesempatan bagi video pengguna untuk menjadi viral.
- Memberi hadiah kepada talenta teratas: TikTok memberikan penghargaan kepada pengguna yang paling berbakat dan terlibat di platform melalui program hadiah dan sponsor.
- Menjaga hubungan: TikTok berusaha untuk mempertahankan hubungan positif dengan pengguna dan kreator konten melalui berbagai cara, seperti memberikan dukungan dan bantuan teknis, serta mengadakan acara khusus.
Lima rencana tersebut akan membuat para pengguna selalu menggunakan aplikasi Tiktok. Hal tersebut menyebabkan siklus yang menunjukkan:
Marketing
Tiktok berhasil tumbuh dengan pesat dan menjadi pesaing serius bagi platform media sosial yang lebih mapan seperti YouTube maupun Facebook. Strategi yang digunakan dalam marketing Tiktok, antara lain:
- Merekrut banyak pegawai terbaik dari pesaing seperti Facebook dan YouTube dengan menawarkan gaji yang lebih tinggi.
- Membayar influencer teratas dari Facebook dan YouTube untuk datang dan memposting di TikTok.
- Memanfaatkan iklan di platform YouTube dan Facebook sebagai cara untuk menjangkau lebih banyak pengguna potensial.
- Melakukan kerja sama dengan toko-toko ponsel untuk memasang aplikasi Tiktok secara pre-installed pada perangkat mereka. Hal ini memudahkan pengguna baru untuk mencoba Tiktok dan berpotensi menjadi pengguna aktif.
- Bekerja sama dengan Perusahaan besar seperti Samsung, yang membuat perangkat Samsung S21 saja yang memiliki akses khusus ke filter tertentu pada aplikasi TikTok.
- Menggunakan watermark pada setiap video yang diunggah ke platform mereka, sehingga ketika video tersebut dishare oleh pengguna di platform lain seperti Instagram, banyak akun yang merepost video tersebut, dan secara tidak langsung memberikan promosi gratis bagi Tiktok melalui Instagram.
Tiktok pun juga memperluas jangkauan mereka, seperti menjadikan Tiktok sebagai platform transaksi belanja online seperti Amazon. Hal ini menunjukkan bahwa platform ini sedang mencari cara baru untuk menambahkan nilai bagi pengguna mereka. Secara keseluruhan, TikTok telah berhasil menciptakan platform yang menarik bagi pengguna, meningkatkan pengalaman pengguna melalui pengembangan sistem algoritma yang canggih, dan strategi pemasaran yang efektif. Hal tersebut membuat TikTok akan terus menjadi platform populer yang meraih jutaan pengguna di seluruh dunia.
Baca bagian 1 artikel ini tentang Peran Besar Content Creator dalam Kesuksesan TikTok
CSI Consultant menyediakan jasa konsultasi feasibility study atau studi kelayakan. Jasa feasibility study akan memberikan pertimbangan dan analisis kepada perusahaan yang akan menjalankan proyek atau bisnis, sehingga perusahaan tidak salah melangkah sebelum berinvestasi.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
(62)21 3192 3933
Official Pages of CSI Consultant:
LinkedIn
Twitter
CSI Law Firm
Facebook Page
Instagram Page
Join Discussion
1 Comment
Your Comment
Leave a Reply Now