Analisa Impulsive Buying di Indonesia

Analisa Impulsive Buying di Indonesia

Analisa Impulsive Buying di Indonesia

Dari survei Populix yang melibatkan 1086 responden, hasilnya cukup menarik karena lebih dari 70% responden masih melakukan pembelanjaan baik secara online maupun offline.  Kelas atas (upper) yang berusia di atas 25 tahun menjadi yang dominan dalam pembelanjaan.

Dalam survei ini, motivasi para responden dalam berbelanja dan kecenderungan untuk melakukan pembelian impulsive menjadi sorotan. Mayoritas responden membeli barang karena kebutuhan, namun beberapa responden juga membeli barang karena adanya  cashback atau bebas ongkos kirim.

Hal ini menandakan bahwa promosi dengan imbalan kepada pembeli menjadi pemicu yang relevan dalam motivasi berbelanja (terutama online). Sebagian responden juga cenderung melakukan pembelian impulsive karena terdapat kesempatan berbelanja barang tersebut dalam waktu terbatas dan sebagai bentuk selfreward

Banyak marketplace yang mengadakan hari spesial atau tanggal cantik untuk berbelanja, seperti 8.8 atau 11.11, yang memicu mayoritas responden untuk berbelanja. Dengan behavior mayoritas telah memilih barang sebelum hari promo dilakukan sehingga mereka dapat langsung melakukan pembayaran saat hari promo.

Survei ini juga membahas tentang kecenderungan masyarakat dalam berbelanja saat dalam kondisi resesi. Mayoritas menjawab mereka hanya akan membeli kebutuhan penting seperti makanan dan minuman. 

Berdasarkan hasil survei, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia masih aktif dalam berbelanja baik secara online maupun offline. Masyarakat mudah tergoda dengan imbalan yang diberikan saat berbelanja sehingga impulsive buying menjadi salah satu alasan. Harga menjadi salah satu faktor penting bagi masyarakat dalam melakukan pembelanjaan, sehingga mereka akan mencari promo dan event yang memberikan diskon. 

Ditulis oleh Ivan Liyanto.

Sumber: Populix, 2023. Indonesian Shopper Behavior on Promotion Week in the Face of Economic Uncertainty 2023.


CSI Consultant menyediakan jasa konsultasi finansial, akuntansi, manajemen keuangan perusahaan dan feasibility study. Jasa feasibility study akan memberikan pertimbangan dan analisis kepada perusahaan yang akan menjalankan proyek atau bisnis, sehingga perusahaan tidak salah melangkah sebelum berinvestasi.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:

(62)21 3192 3933

admin@csiconsultant.co.id

Official Pages of CSI Consultant:

LinkedIn
Twitter
CSI Law Firm
Facebook Page
Instagram Page

Kewajiban Notifikasi untuk Transaksi Tertentu ke KPPU Membangun Karir Sukses di Bidang Finance: Jenjang Karir, Kompetensi, dan Skill yang Dibutuhkan
Your Comment

Leave a Reply Now

Your email address will not be published. Required fields are marked *